Our Banner

Photobucket

Kamis, 21 April 2011

Tips Sehat di Akhir Pekan dan Bugar di Awal Pekan


Salam sejahtera dari penulis untuk para pembaca setia blog kami. Tips sehat kali ini adalah bagaimana cara kita tampil sehat dalam menghadapi akhir pekan dan tetap segar ketika beraktifitas kembali pada awal pekan.

Pada jaman sekarang ini dimana kesibukan tiap orang bermacam-macam. Aktifitas yang bermacam macam sepanjang sepekan menimbulkan kelelahan secara fisik maupun mental. Walhasil bersantai di akhir pekan merupakan tumpuan harapan untuk refreshing supaya bisa tampil fresh di awal pekan.

Berikut ini tips supaya tetap bugar

1. Olah raga

Sempatkan untuk meluangkan sedikit waktu kita di akhir pekan untuk berolahraga. Olahraga mempunyai banyak manfaat bagi kebugaran semua organ yang ada dalam tubuh kita.
Jantung kita yang merupakan organ vital sedikit banyak dapat terbantu oleh olah raga yang kita lakukan, jika seseorang sering berolahraga maka secara otomatis akan terbentuk banyak pembuluh darah kolateral di jantung, ini akan membuat jantung kita lebih tahan terhadap serangan jantung.
Intensitas olah raga yang disarankan adalah 3 kali dalam seminggu dengan intensitas minimal 30 menit.
Paru paru juga terlatih karena terbiasa dengan aktifitas olahraga maka dengan aktifitas biasa (aktifitas kantor sehari-hari) tidak akan menjadi masalah.




2. Makanan yang sehat

Makanan yang sehat bukan selalu berarti makanan yang mahal. Makanan yang sehat disini yang dimaksudkan adalah makanan yang memenuhi kebutuhan kita sesuai dengan proporsinya dari komponen lemak, protein vitamin dan mineral.

Fenomena masyarakat dewasa ini yang cenderung sibuk akan identik dengan fast food yang dari segi kelengkapan unsur unsur tadi. Unsur lemak akan cenderung lebih dominan. Sementara aktifitas yang dilakukan hanya mengkonsumsi energi yang tak banyak akhirnya terjadilah lemak sisa yang ditimbun dalam jaringan tubuh. Bila pola ini berlangsung lama timbullah obesitas atau kegemukan.

Sebaiknya di akhir pekan kita mengurangi makanan yang mengandung banyak lemak karena pencernaan lemak tidak sesederhana karbohidrat, hasilnya tubuh akan mengeluarkan tenaga ekstra untuk mencernanya efek sampingnya kita akan mudah mengantuk, tidak enak rasanya jika akhir pekan mengantuk bukan ?

Makanan yang sehat di akhir pekan sangat kita perlukan untuk menunjang aktivitas di akhir pekan. Dianjurkan mengkonsumsi makanan yang tidak banyak mengandung lemak dan banyak mengandung sayuran. Mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat ditambah salad secukupnya bisa merupakan salah satu alternatif

3. Minum air putih secukupnya

Pada akhir pekan saking asyiknya berolahraga atau bermain bersama keluarga kadang membuat kita lupa untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Kebutuhan air yang direkomendasikan oleh para ahli adalah 1500 ml perhari atau kira kira senilai dengan 8 gelas air putih.

Air merupakan unsur penting tubuh, air merupakan unsur penting dari berbagai reaksi metabolisme dalam tubuh. Jadi usahakan jangan sampai selalu membawa botol air putih ketika beraktifitas di akhir pekan.

4. Konsumsi suplemen bila perlu

Jangan enggan untuk mengkonsumsi suplemen menghadapi jadwal akhir pekan yang padat. Suplemen yang dimaksudkan disini adalah yang berisi vitamin dan mineral tambahan yang dapat membantu kita tampil segar dan bugar di akhir pekan. Vitamin dan mineral dalam kandungan lengkap dapat membantu meningkatkan kapasitas kerja otot dan mempertahankan konsentrasi yang juga kita perlukan pada saat berlibur.

5. Istirahat yang cukup, jauhi begadang dan alkohol

Usahakan tinggalkan semua kesibukan kantor di akhir pekan, akhir pekan merupakan waktu bersantai, lupakanlah sejenak semua urusan kantor. Ini akan membantu pikiran kita untuk tampil fresh di awal pekan.

Jangan begadang, usahakan istirahat yang cukup sebelum berlibur di akhir pekan supaya ketika bangun pagi bisa segar untuk berlibur.

6. Jangan terlalu lelah

Terlalu asyik liburan sering membuat kita terlena pada akhirnya kita kecapaian, usahakan jangan terlalu capek. Anda sendiri yang bisa menilai batas kemampuan anda jangan melebihinya akibatnya kita tidak bisa tampil segar di awal pekan.

7. Persiapkan semua

Liburan juga memperlukan perencanaan yang matang, kalau perlu buat catatan kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Bila berlibur ke luar kota tak ada salahnya membuat list apa saja yang akan dilakukan dan list apa saja yang harus dibawa dalam perjalanan

Sediakan selalu kotak P3K di mobil atau di rumah untuk mempersiapkan segala kemungkinan yang tidak terduga.

Komunikasi juga tidak bisa diremehkan jadi saran penulis di akhir pekan sisakan pulsa yang cukup di telephon genggam kita sehingga komunikasi bisa lancar

Dan pada akhirnya penulis mengucapkan selamat berlibur...


Written by drt

1 komentar: