Our Banner

Photobucket

Senin, 11 April 2011

Apakah setiap bayi mudah terkena serangan Virus sakazakii ??


Ternyata tidak semua bayi mudah terserang oleh virus sakazakii, ini berbeda dengan image yang tersebar di masyarakat luas bahwa bayi sekali minum susu yang terkontaminasi akan otomatis terjangkit penyakit radang otak. Artikel dibawah ini buktinya..

JAKARTA - Kasus bakteri enterobacter sakazakii dalam produk susu formula sangat jarang menyerang bayi. Kecuali bayi tersebut lahir prematur atau sang ibu kurang higienis.

"Hanya ada 40 kasus dalam 40 tahun terakhir dan itupun terjadi di rumah sakit di tempat bayi yang lahir kurang bulan dirawat. Karena daya tahan tubuhnya sangat lemah sehingga mudah terserang penyakit," ujar peneliti dari Departemen Mikro Biologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Pratiwi Sudarmono.

Hal itu dikatakannya dalam jumpa pers BPOM mengenai hasil pengujian 96 produk susu forumula, di Media Centre Depkominfo, Jakarta, Rabu (2/4/2008).

Penelitian ini dilakukan menyusul tersebarnya hasil penelitian IPB mengenai adanya sejumlah produk susu formula di pasaran yang tercemar bakteri enterobachter sakazakii.

Sementara itu dia juga menjelaskan bahwa dari laporan jurnal seluruh dunia mengenai bakteri tersebut, bayi yang terinfeksi bakteri enterobachter sakazakii banyak terjadi di neonatal intensive care unit. "Tidak pernah di rumah setelah bayi dibawa ibunya dan diberi susu formula," tandasnya.

"Intinya kejadian bayi sakit karena faktor daya tahan tubuh yang lemah," pungkasnya.

Taken From Okezone.com
Edited by drt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar