Our Banner

Photobucket

Selasa, 21 Juni 2011

Tahukah Anda ? Semangka (Watermelon) Buah Sampai Kulit Kaya Akan Manfaat

Ternyata buah semangka mulai dari daging buah sampai kulitnya mengandung banyak manfaat.
Selama ini kebanyakan dari kita hanya memanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi tanpa memikirkan kulitnya. Tahukah anda bahwa kulitnya juga mengandung berbagai manfaat, sehingga layak tuk dikonsumsi ?, Baiklah kita akan membahasnya.

Semangka adalah salah satu buah yang baik jika dinilai dari segi ukuran dan nilai gizi, buah ini sering direkomendasikan oleh para ahli gizi, karena mempunyai banyak manfaat, vitamin essensial dan gizi


Berikut ini adalah beberapa manfaat konsumsi semangka
  • Semangka merupakan buah yang kaya akan kalium, yang membantu menjaga tekanan darah dan membantu menjaga keseimbangan kadar ion dalam jaringan saraf.
  • Semangka mengandung lycopene yang membuat semangka berwarna merah, lycopene ini ternyata mempunyai manfaat mencegah kelainan prostat, kelainan payudara dan mencegegah kanker usus besar
  • Semangka mempunyai kandungan air yang cukup banyak, jika dihubungkan dengan tempat tumbuh tanaman ini merupakan daerah panas, maka mengkonsumsi semangka bisa menebus atau mengganti cairan yang hilang dari tubuh setelah seharian berkeringat. Jika tidak didaerah panas pun tetap bisa dimanfaatkan sari buahnya yang bisa didapat dengan pengolahan tertentu.
  • Menurut literatur orang yang dalam keadaan kehabisan energi bisa bertahan hanya dengan mengkonsumsi semangka sebanyak 100 gram. Dalam kata lain nutrisi yang terkandung dalam buah semangka cukup lengkap
  • Menurut penelitian ternyata di dalam kulit semangka mengandung sejumlah nutrisi dan serat penting yang sangat bermanfaat bagi tubuh bila dikonsumsi, ironisnya sebagian besar orang malah membuang kulit ini. Sejumlah negara sudah bisa mengekstraksi zat-zat penting ini di dalam laboratorium untuk dimanfaatkan lagi.
  • Kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki oleh semangka selain memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh juga membantu mencegah penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah dan membuat kulit lebih halus.


Setelah membaca artikel ini hendaknya pembaca bisa menentukan pilihan untuk lebih memilih konsumsi jus semangka atau buah semangka dibandingkan mengkonsumsi minuman bersoda

Jika dalam artikel ini ada yang belum jelas dipersilahkan bagi pembaca untuk berkomentar di kolom komentar atau konsultasikan dengan dokter keluarga anda.

Komentar penulis: Pernahkah terpikir oleh anda ? Jus kulit semangka ? Silahkan mencobanya dan rasakan manfaatnya. Penulis menyarankan semangka yang dihasilkan dari pertanian yang tidak menggunakan pestisida, supaya kandungan vitamin mineral yang ada tidak terkontaminasi oleh bahan kimia pestisida.

Edited by drt

Pict from: thefatlossauthority.com

from: Health tips

1 komentar:

  1. wwweeeiiiihhhh buah kesukaan saya ini ternyata banyak manfaatnya yah......
    =================
    tanda awal kehamilan

    BalasHapus